Share this:

Branding di Tengah Pembatasan Sosial

13 May 20

Pandemi yang melanda dan pembatasan sosial yang dilakukan mempengaruhi berbagai industri dari segala sisi.  Beberapa terpaksa berhenti karena tidak mungkin beroperasi, beberapa dipaksa berhenti karena rugi, dan sisanya bertahan dengan berbagai penyesuaian. Situasi ini, menurut berbagai laporan dan penelitian, akan berlangsung setidaknya sampai beberapa bulan akan datang (Q3 atau Q4 2020). Dalam kurun waktu yang tidak singkat tersebut, bisnis yang masih bertahan pun beresiko jalan di tempat atau bahkan bergerak mundur.

Bermacam cara dilakukan oleh berbagai brand guna menghindari hal ini, mulai dari penawaran promo, alokasi bujet promosi, kerja sama KOL (Key Opinion Leader), hingga transformasi  bisnis ke media digital. Semua ini merupakan langkah wajar dan tentunya baik dilakukan agar dapat bertahan dan berlanjut. Namun, penting dipahami bahwa bisnis merupakan sebuah komitmen jangka panjang. Objektif jangka pendek selalu dibutuhkan, tetapi tujuan jangka panjang tidak boleh luput dari pandangan. Penerapan berbagai strategi yang dilakukan perlu mempertimbangkan berbagai skenario yang mungkin terjadi, bukan saja di tengah pandemi yang berlangsung, tetapi juga selepasnya.

Itulah mengapa strategi berbasis riset yang komprehensif dan terintegrasi dibutuhkan. Langkah-langkah yang diambil akan jelas tertata dan konsisten. Konsumen selalu mengapresiasi brand yang menunjukkan konsistensi; dari sisi produk dan layanan, kualitas, serta komunikasi. Di sinilah hadir peran brand agency yang menawarkan perspektif berbeda dalam situasi saat ini dengan pendekatan sesuai kebutuhan industri. Milestone, sebagai salah satu brand consultant di Jakarta, bekerja untuk memastikan bahwa berbagai kebutuhan bisnis dalam hal branding tetap terpenuhi. Berbagai layanan, seperti pengembangan brand identity, brand architecture, brand strategy, communication strategy, pelaksanaan brand audit, penerapan visual communication, dan ragam solusi digital, tetap dijalankan dan bahkan menjadi semakin penting di tengah keterbatasan komunikasi saat ini. Bahkan, oleh beberapa brand, situasi ini digunakan sebagai momentum untuk persiapan rebranding. Dengan demikian, begitu situasi kembali normal, mereka hadir dengan identitas baru yang lebih segar dan mutakhir. Milestone hadir sebagai solusi dengan kreativitas berbasis kajian dan kesiapan menghadapi perubahan.